JURUS JITU MERAWAT HEWAN TERNAK SAPI

JURUS JITU MERAWAT HEWAN TERNAK SAPI 


JURUS JITU MERAWAT HEWAN TERNAK SAPI
JURUS JITU MERAWAT HEWAN TERNAK SAPI 

 Vmanaje - Hewan ternak banyak beberapa kalangan menyebutnya dengan peliharaan atau lebih kepada pembudidayaan, yang mana istilah kata atau sebutan tersebut memiliki definisi atau arti berupa bentuk kepengurusan akan suatu hewan yakni jenis hewan sapi, yang bertujuan untuk mengembangbiakkan dan atau memperbanyak dari jumlah hewan tersebut, dengan adanya suatu harapan dalam diri si pengurus hewan ternak tersebut mengenai beberapa keuntungan atau hasil dari apa yang dilakukannya. Beberapa hal yang harus di perhatikan dalam merawat hewan ternak sapi yakni dimulai dari hal-hal sebagai berikut.


MEMILIH BIBIT ATAU KUALITAS KETURUNAN HEWAN JENIS SAPI BERKUALITAS



Memilih bibit dan kualitas sapi
Memilih bibit dan kualitas sapi

 Ada beberapa hewan dari jenis sapi yang mana memiliki beberapa keunggulan dalam segi kualitas, contoh seperti jenis sapi benggala yang memiliki kriteria dalam  segi badan atau bentuk tubuh nya yaitu seimbang antara berat tubuh dengan usia, sehingga dapat tergolong dalam salah satu bibit unggul dan proporsional.


 Disamping mengenai kadar kualitas berupa bentuk serta keseimbangan tubuh hewan ternak berupa jenis sapi yang dapat tergolong dalam kategori berkualitas, yakni hal lain yang harus diperhatikan dalam memilih suatu bibit, yaitu terkait dalam segi faktor kesehatan hewan jenis tersebut, maka ada baiknya apabila kita melakukan suatu pengecekan kesehatan hewan jenis sapi tersebut yang akan di jadikan bibit ternak.

 Ada beberapa hal mendasar mengenai suatu pengecekan secara sederhana selain dengan menggunakan cara atau sistem medis hewan, yakni salah satu diantaranya dengan memeriksa kondisi dari berupa bentuk alat kelamin hewan jenis sapi tersebut, memeriksa postur atau bentuk kaki dari hewan tersebut, adapun dalam memeriksa kualitas serta bentuk dari gigi hewan jenis sapi tersebut yakni untuk menentukan mengenai  usia hewan jenis sapi tersebut.

 Selain dari beberapa teknik atau cara merawat hewan ternak sapi di atas tadi yang telah di jelaskan, ada pula beberapa cara lain, yakni dengan memeriksa tanduk dari hewan jenis sapi yang akan di jadikan bibit ternak kelak, yaitu pada ukuran tanduk hewan jenis sapi tersebut yang dapat di jadikan untuk menentukan kadar usia nya pula, sebab pada usia ke 6 bulan di masa pertumbuhannya tanduk hewan jenis sapi tersebut mulai tumbuh sesuai dengan pertambahan usianya. Adapun pada hewan jenis sapi berkelamin betina, ketika tanduk tersebut mulai tumbuh tersebut biasanya di tandai oleh berupa adanya semacam gelang-gelang pada dasar tanduk yang muncul. Dan itu menandakan usia hewan jenis sapi berkelamin wanita tersebut, adapun apabila hewan jenis sapi betina tersebut baru saja melahirkan, maka biasanya gelang-gelang yang terdapat pada tanduk tersebut akan tampak dengan jelas.

 Maka dari itu  kita di harapkan lebih selektif dan teliti apabila akan menentukan kualitas hewan ternak jenis sapi tersebut, agar kita kelak mendapatkan suatu hasil yang maksimal dan memuaskan dalam segi kualitas yang sesuai dengan yang di harapkan.
Adapun hal lain apabila mengharap suatu keuntungan lebih yang ingin kita dapatkan, yaitu jika kita memahami beberapa teknik yang semestinya di dalam melakukan kepengurusan hewan ternak tersebut, Yakni di mulai dari cara merawat serta menjaga pola makannya, terutama dalam hal makanan yang akan di konsumsi oleh hewan ternak tersebut mengenai suatu jenis dan yang memang di peruntukan untuk hewan tersebut berupa pakan khusus hewan sapi tersebut. Mungkin ada beberapa kalangan yang bertanya mengenai hal ini mengapa harus demikian?, ada beberapa jawaban yakni salah satunya agar mendapatkan hasil memuaskan dari segi kualitas yang akan di dapatkan, yakni berupa kualitas kadar hasil yang akan di dapat kelak. Oleh karena itu teknik khusus untuk menjaga atau mengatur pola makan serta kualitas makanan yang kelak di konsumsi oleh hewan ternak jenis sapi yang akan di kembangbiakan, yakni :

MEMPERHATIKAN SISTEM TATA KELOLA MENGENAI LETAK DAN POSISI KANDANG SERTA PERLENGKAPANNYA


Sistem dan Tata kelola ternak sapi
Sistem dan Tata kelola ternak sapi

 Dalam melakukan suatu kegiatan berupa pemeliharaan dan pengembangbiakan hewan ternak dari jenis hewan sapi tersebut,hal lain yang harus di perhatikan yakni ada baiknya  apabila kita  memperhatikan dari apa yang disebut dengan sistem tata kelola dari apa yang akan menjadi kelangsungan suatu kegiatan ternak tersebut. Maka tak ayal apabila kita harus pula memperhatikan segi tekstur berupa mulai dari bentuk atau suatu keadaan letak yang akan di jadikan posisi sebagai tempat untuk melakukan kegiatan peternakan dan pengembangbiakan hewan ternak, terlebih hewan ternak jenis sapi tersebut tergolong dalam jenis hewan ternak yang memiliki badan atau bentuk tubuh yang cukup besar dan sudah pasti harus memiliki tempat yang sesuai dengan ukuran nya tersebut. Hal lain di samping harus memiliki tempat yang sesuai, di harapkan pula letak posisi tempat tersebut berada pada suatu tempat yang mana secara sistematis tidak terlalu  berdampak lebih dari apa yang menjadi efek suatu kegiatan ternak yang akan di lakukan.


 Adapun hal pertama secara sederhana yakni melihat tekstur dari dataran yang akan digunakan sebagai letak posisi tempat atau kandang hewan ternak tersebut, hal lain yakni posisi tempat atau letak kandang yang cukup lumayan jauh dari suatu ruang lingkup dalam jenis hunian atau tempat tinggal manusia, hal lain nya yakni membuat sumber air dan atau di harapkan memiliki sumber air yang cukup guna kelangsungan kegiatan ternak tersebut, hal lain nya yakni dalam segi kualitas bahan yang tergolong kuat dan awet, tidak mudah lapuk yang mana kelak akan di buat sebagai tempat atau kandang bagi hewan ternak jenis sapi tersebut, hal lain yang harus di perhatikan yakni dalam segi arah pada posisi tempat atau kandang tersebut, usahakanlah agar arah tempat atau kandang mendapatkan paparan cahaya matahari guna menghindari kelembabban pada tempat atau kandang hewan ternak jenis sapi tersebut, dan hal lain yakni berupa penyesuaian luas pada ukuran tempat atau kandang yang di sesuaikan dengan usia hewan ternak berupa jenis sapi tersebut, yakni bertujuan untuk membedakan dari apa yang menjadi ruang gerak pada hewan ternak jenis sapi tersebut.

 Adapun hal lain yang harus sangat di perhatikan yakni mengenai pengelolaan atau penanganan kotoran ternak yang akan di hasilkan pula kelak, yakni dengan cara berupa penanganan khusus menggunakan sistem tata kelola yang terperinci, sehingga dalam penanganan nya tidak terlalu berdampak lebih pada diri kita, terlebih pada hewan ternak tersebut, salah satunya dengan cara menggunakan beberapa alat perlengkapan khusus yakni di antaranya dengan membuat suatu alat penadah di posisi bagian bawah tempat atau kandang tersebut, sehingga dapat memudahkan dalam proses penanganan nya, serta tak lupa juga menggunakan beberapa peralatan lengkap untuk tubuh kita, ketika kita melakukan penanganan serta penanggulangan mengenai hal kotoran yang di hasilkan oleh hewan ternak berupa jenis sapi tersebut, beberapa di antaranya menggunakan kelengkapan berupa pakaian berlengan panjang dan celana ukuran panjang, sarung tangan karet, masker, topi, sepatu sepatu boot, kacamata transparan, yakni yang bertujuan agar senantiasa melindungi serta menjaga agar tubuh kita terhindar dari efek secara langsung di dalam proses penanganan nya.

  Adapun mengenai keberlangsungan dalam penanganan tersebut mengenai suatu hasil dari proses penanganan dalam hal itu, maka di usahakan memiliki kelengkapan dari apa yang menjadi peralatan lebih lain untuk suatu proses lain pula di akhir penanganan mengenai kotoran yang di hasilkan oleh hewan ternak tersebut, agar menghindari efek atau dampak berlebihan setelah penanganan usai.

KADAR KUALITAS PAKAN


KADAR KUALITAS PAKAN
Kadar kualitas pakan 

 Berbicara dan membahas dalam hal selanjutnya yang terkait dengan beberapa teknik atau cara melangsungkan suatu kegiatan dalam peternakan dan pengembangbiakan hewan ternak jenis sapi, beberapa lain di antaranya dengan memperhatikan  dari apa yang menjadi pakan dan berikut kadar serta kualitas pada pakan yang akan di sediakan bagi hewan ternak yang akan dikembangbiakan.


 Beberapa hal lain yang harus di perhatikan pula yakni senantiasa menjaga kebersihan dari kelengkapan yang terdapat di area dalam tempat atau kandang hewan ternak tersebut, yaitu dengan cara melakukan pengontrolan atau pengecekan secara berkala sesuai dengan waktu yang telah kita tentukan sebelumnya. Beberapa kelengkapan lain itu yakni di awali dengan  mengatur letak atau posisi area pada tempat makan dan minum hewan ternak, yang bertujuan guna menyesuaikan posisi yang sepadan dengan badan tubuh hewan ternak tersebut. Selanjutnya yakni dengan senantiasa memperhatikan dari apa yang menjadi jenis serta kadar keasaman pakan yang akan di jadikan bahan makanan dan minuman yang akan di konsumsi hewan ternak jenis sapi tersebut, dalam hal berapa lama mulai dari ketika kita menyediakan nya sampai dengan di konsumsi oleh hewan ternak tersebut. Hal tersebut yakni guna menjaga kualitas dalam segi kesehatan hewan ternak, serta menghindari efek atau dampak lain yang mana apabila pakan tersebut tidak terkontrol.

 Selain dari apa yang menjadi pakan jenis unggulan bagi hewan ternak jenis sapi, beberapa pakan dan asupan lain  yakni salah satu di antaranya tergolong dalam jenis umbi-umbian, serta tambahan lain berupa kadar garam secukupnya yang di campurkan pada makanan dan minuman, yang berperan sebagai makanan tambahan (konsentrat). Adapun mengenai kadar jumlah takaran garam yang di berikan pada hewan ternak jenis sapi dewasa yakni sekitar 6 gram, sampai dengan 8 gram per 100 kilogram dari berat badan hewan ternak jenis tersebut. Adapun untuk jumlah takaran kadar garam yang akan di berikan pada hewan ternak jenis sapi muda yakni sekitar 9 gram per 100 kilogram dari berat badan hewan ternak jenis tersebut.

  Sehingga hal itu menjadi suatu asupan mineral dan perangsang nafsu makan pada hewan ternak jenis sapi tersebut. Serta usahakan pula ketika dalam pemberian air minum, jika ingin mendapatkan hasil yang baik dan sekaligus bertujuan untuk menjaga kondisi kesehatan hewan ternak yang kita kembangbiakan, yakni dengan cara senantiasa memberi air berkualitas jernih, bersih dan tidak berbau, yang telah di olah terlebih dahulu dengan menggunakan teknik atau proses yang di sebut dengan penyaringan, pengendapan dan juga pengolahan secara di masak serta selanjutnya dinginkan terlebih dahulu, sebelum di berikan pada hewan ternak. Proses dengan cara tersebut yakni bertujuan dan berguna untuk mempertahankan kualitas asupan pakan, serta meningkatkan fungsi dari air minum bagi hewan ternak. Adapun mengenai beberapa fungsi dari air minum bagi hewan ternak jenis sapi tersebut di antaranya yakni sebagai berikut :

Mengatur suhu tubuh
Membantu proses pencernaan makanan pada tubuh
Mengangkut zat-zat makanan pada tubuh
Mengeluarkan zat-zat sisa proses pencernaan dalam bentuk berupa urine

Mungkin itu dulu yang bisa saya bagikan semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat terima kasih.

0 Response to "JURUS JITU MERAWAT HEWAN TERNAK SAPI "

Post a Comment

Dmca

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel