CARA JITU MERAWAT HEWAN TERNAK KAMBING

CARA JITU MERAWAT HEWAN TERNAK KAMBING


CARA JITU MERAWAT HEWAN TERNAK KAMBING
CARA JITU MERAWAT HEWAN TERNAK KAMBING

 Vmanaje - Banyak beberapa di antara kalangan lainnya beranggapan bahwa teknik atau cara dalam merawat dan mengurus hewan ternak terasa sangat sukar atau sulit, ternyata anggapan tersebut memang benar adanya, akan tetapi apabila kita mampu dan dapat memahami serta mengerti akan beberapa hal yang masih tergolong dalam kategori sebuah trik atau cara jitu merawat hewan ternak kambing tersebut.

 Mengapa anggapan itu dirasa seperti itu, beberapa hal penyebabnya yakni dikarenakan kurangnya pemahaman dalam memelihara serta merawat hewan ternak, terlebih hewan ternak jenis mamalia yang satu ini.

 Hadirnya artikel ini yaitu untuk menepis beberapa anggapan tersebut, yang notabene tak jarang anggapan itu seolah mempersulit atau terasa agak seperti suatu penghalang dalam hal merawat hewan ternak jenis kambing yang ada dalam pembahasan kita saat ini. inilah cara jitu yang bisa menjadi acuan diri kita dalam merawat serta mengurusnya.


PEMILIHAN BIBIT KAMBING



PEMILIHAN BIBIT KAMBING
PEMILIHAN BIBIT KAMBING

 Ada banyak anjuran apabila kita bertanya pada beberapa kalangan dalam konteks memilih jenis bibit hewan ternak  kambing, dikarenakan ada beragam jenis bibit sebagai pilihan di kalangan peternak.

 Keanekaragaman tersebut setidaknya membuat diri kita berfikir kembali dan mempertimbangkan ulang ketika kita berkeinginan mendapatkan jenis bibit, akan tetapi kita berharap bibit tersebut kelak dapat dan mampu memberikan hasil sesuai dengan apa yang kita inginkan. Maka dengan demikian beberapa hal yang menjadi pembeda dan dapat untuk kita jadikan acuan antara lain yakni:
  • Tidak terdapat adanya noda bekas luka atau flek dalam bentuk keseluruhan dari tubuh hewan ternak jenis mamalia kambing ini.
  • Melihat serta memperhatikan segi keseimbangan tubuh hewan ternak jenis kambing dalam kategori ideal tubuhnya, yakni apakah tergolong sesuai keseimbangan antara tinggi dengan berat yang dimiliki hewan ternak jenis mamalia kambing ini, yakni antara 20 kg sampai dengan 45 kg berat tubuhnya untuk kadar usia pembibitan hewan ternak jenis mamalia kambing unggulan.
  • Mengamati dari bagian telinga hewan ternak jenis mamalia kambing ini pun merupakan hal yang dapat kita lakukan ketika kita sedang berusaha untuk membedakan nya mengenai jenis bibit hewan ternak jenis kambing ini.
  • Memastikan tekstur bulu hewan ternak jenis mamalia kambing yang akan di jadikan bibit, dalam hal kebersihan serta kehalusannya.
  • Tampilan paras serta raut di bagian wajah hewan ternak jenis mamalia kambing yang sangat menarik apabila di perhatikan dari bagian manapun.
  • Tumbuh kembang ekor yang dimiliki hewan ternak, tumbuh secara normal yang sesuai dengan kurun waktu dalam masa pertumbuhannya.
  • Dengan memastikan usia dari jenis hewan ternak yang tergolong  dalam usia pembibitan, yakni berusia tidak lebih dari 1 tahun dalam usia pertumbuhannya.
  • Tekstur dan bentuk tanduk yang serasi di kedua bagian, bagi hewan ternak jenis kambing pejantan, serta memiliki kaki yang kokoh dan otot-otot yang kuat di bagian kaki hewan ternak jenis kambing ini.
  • Memastikan bentuk di bagian kelaminnya bagi hewan kambing jenis pejantan, mengenai tumbuh kembangnya.

KANDANG SERTA PERLENGKAPAN HEWAN TERNAK KAMBING



KANDANG SERTA PERLENGKAPAN HEWAN TERNAK KAMBING
KANDANG SERTA PERLENGKAPAN HEWAN TERNAK KAMBING


 Beberapa hal mengenai kualitas serta kuantitas dalam segi ketahanan dan kekuatannya mengenai tempat serta hunian berupa kandang ternak hewan jenis kambing inipun merupakan suatu hal yang perlu di perhatikan, ini semua yakni untuk meminimalisir resiko kerusakan yang berlebih dan juga agar memperpanjang usia ketahanan dari kandang tersebut. 

Dikarenakan terkait akan kenyamanan dan agar senantiasa kesehatan hewan ternak jenis kambing yang akan diternakan ini tetap terjaga. Mengenai persiapan serta langkah pertama yang dapat di lakukan yakni dengan memastikan jenis material bahan yang akan di gunakan dalam pembuatan kandang yaitu:
  •  Memastikan bahan jenis kayu dan juga bambu yang akan digunakan sebagai pondasi atau tiang pada kandang, terkait segi kekuatannya mengingat faktor iklim serta cuaca yang sewaktu-waktu dapat berubah sesuai keadaan tertentu.
  •  Memilih jenis bahan untuk bagian atap kandang yang kelak akan digunakan, yakni terdiri dari bahan yang kedap air dan panas, antara lain menggunakan bahan jenis fiber guna menghindari radiasi atau efek berlebih pada hewan ternak, demi menjaga agar proses peternakan berlangsung nyaman dan tidak menimbulkan dampak berlebih pada hewan ternak jenis kambing ini. Adapun jika modal yang dimiliki tergolong rendah, maka ada alternatif bahan lain yang dapat untuk di jadikan sebagai atap kandang,yang terdiri dari alang-alang yang telah dikeringkan terlebih dahulu, dan selanjutnya alang-alang tersebut diikat menjadi satu dengan bentuk pipih.
  •  Memperhatikan jarak antara tinggi lantai kandang dengan dataran dimana kandang akan dibuat, dan pastikan jarak ketinggian kandang dibuat agak tinggi dari permukaan dataran. Hal ini bertujuan untuk menjaga sirkulasi udara pada kandang agar tetap nyaman bagi hewan yang akan diternakan tersebut. Serta agar mempermudah dalam proses perawatan  hewan ternak jenis kambing ini.
  •  Selain beberapa hal tersebut, yakni kita pun perlu mempertimbangkan untuk hal ukuran yang ideal dalam segi luas kandang tersebut, mengingat besaran dan juga jenis yang sesuai dengan usia pertumbuhan pada hewan ternak kambing ini.  Adapun mengenai perincian dalam ukuran luas untuk kandang yang tergolong ideal yakni dapat di rinci kan melalui perincian pada tabel berikut ini :
Usia dan jenis kambing                      Ukuran ideal kandang
   Jantan dewasa                              ><     1 meter x 1,5 meter persegi
   Betina dengan 1 – 2 ekor anak  ><     1 meter x 1,5 meter persegi
   Betina tanpa anak                        ><     0,8 meter x 1,5 meter persegi
   10 ekor kambing campuran       ><     1 meter  x 7,5 meter persegi

 Demikian beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan tempat atau kandang serta perlengkapan yang sesuai dengan teknik dan cara merawat hewan ternak jenis kambing.


PAKAN KAMBING YANG BERKUALITAS 


 Memperhatikan beberapa hal mengenai jenis serta kualitas untuk  pakan yang akan diberikan kelak pada hewan ternak jenis kambing, merupakan hal yang tergolong sederhana apabila kita mengerti dan mampu memahami kadar kualitas yang ideal dalam menentukannya. Diantaranya yakni sebagai berikut :
  •  Memilih beberapa tumbuhan hijau yang tumbuh dengan subur, dan memperhatikan kesegaran dari jenis tumbuhan yang akan diberikan. Usahakan jenis tumbuhan yang akan diberikan tergolong dalam jenis tumbuhan yang memang layak untuk dikonsumsi, dengan memperhatikan jenis tumbuhan tersebut, yakni kadar tumbuhan yang cukup tua atau yang memang siap untuk di tuai. Dan memperhatikan apakah tumbuhan tersebut terhindar dari beberapa bakteri yang jika memang terdapat pada tumbuhan tersebut.
  •  Menyediakan tumbuhan hijau yang ranum minimal 6 kg untuk pemberian pada seekor kambing ukuran dewasa, diutamakan tumbuhan tersebut dibersihkan dan di sterilisasi terlebih dahulu, yang bertujuan untuk menjaga agar kualitas hasil pencernaan pada hewan ternak tersebut mampu menjadi asupan yang baik untuk pertumbuhan hewan ternak jenis kambing ini.
  •  Beberapa jenis makanan yang tergolong pada jenis makanan konsentrat atau makanan tambahan, yang berfungsi sebagai penambah nafsu makan dan sebagai penambah asupan gizi dalam jenis protein yang bermanfaat untuk senantiasa menjaga kualitas pertumbuhan hewan ternak tersebut. Antara lain bahan pakan yang tergolong dalam jenis makanan konsentrat yakni berupa bungkil kelapa atau bubur nasi yang diberi sedikit garam sebagai penyedap. Adapun beberapa jenis tumbuhan yang tergolong dalam kategori sayur, dapat dijadikan sebagai campuran pada makanan konsentrat yang mana beberapa bahan tersebut melalui proses atau tahapan dalam penyajiannya. Adapun makanan konsentrat tersebut sangat baik sekali untuk hewan ternak jenis kambing betina yang sedang dalam fase menyusui.


0 Response to "CARA JITU MERAWAT HEWAN TERNAK KAMBING"

Post a Comment

Dmca

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel