Cara jitu Merawat Merpati Aduan / Tinggian Untuk Pemula

Cara jitu Merawat Merpati Aduan / Tinggian Untuk Pemula 


Cara Jitu Merawat Merpati Aduan / Tinggian
Cara jitu Merawat Merpati Aduan / Tinggian Untuk Pemula

Vmanaje - Merpati atau burung dara sangat familier di kalangan masyarakat perkotaan ataupun pedesaan,jenis burung satu ini biasanya sering kita jumpai di pusat-pusat kota maupun di rumah rumah masyarakat.

Jenis burung ini sering di manfaatkan masyarakat sebagai sumber kebutuhan protein maupun kebutuhan hobi semata.seiring berkembngnya penghobi merpati untuk di lombakan di arena laga maka jenis-jenis merpati unggulan sangat di cari untuk di ternakan menjadi merpati Giring aduan yang baik dan ada juga jenis merpati rumahan yang baik di ternakan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat.

Selain jenis merpati aduan dan merpati yang di konsumsi ada juga jenis merpati hiasan seperti merpati kipas dan lebih banyak lagi.berikut langkah –langkah yang harus di perhatikan

Cara Memilih Burung Merpati Aduan



Cara Memilih Burung Merpati Aduan

Untuk memilih merpati aduan kita harus teliti dan selektif .alahkah baiknya kita mencari merpati unggulan dari sumber yang baik salah satunya bisa kita dapatkan dari peternak yang memiliki indukan merpati tinggian yang baik.hindari membeli merpati dari kios-kios burung karena biasanya merpati tersebut merpati yang kurang baik secara fisik atau sisa seleksi dari para peternak yang memungkinkan merpati tersebut kurang layak untuk menjadi merpati aduan,biasanya merpati tersebut malas terbang.

Ciri Fisik Burung Merpati Aduan


Ciri Fisik Burung Merpati Aduan


Merpati aduan atau merpati tinggian harus memenuhi kriteria sebagai sebagai berikut :

1.Bentuk tulang yang perposional badan bulat memanjang dan kepala berbentuk seperti buah pinang bagian tulang ekor atau bisa disebut juga capit udang saat diraba harus terasa keras dan kuat kemudian dibagian sayap pangkal tulang sayap harus terasa keras dan tebal karena ini memungkinkan merpati bergerak atau mengepakan sayap dengan kuat kemudian ciri Fisik yang tidak boleh kita lewatkan yaitu bola mata dan bentuk bulu sayap.

pada bagian bola mata yang harus kita perhatikan adalah bagian kornea mata harus bulat penuh jangan terlihat memudar atau pecah dan pada bagian bulu sayap harus terlihat rapat dan setiap lembar ujung bulu sayap berujung bulat atau tidak runcing.

Cara merawat burung merpati tinggian 


Cara merawat burung merpati tinggian


1.Rawatan harian 

Pada dasarnya burung merpati tergolong burung pemakan biji bijian maka dari itu untuk perawatan harian kita harus memperhatikan kebutuhan nutrisi yang berasal dari biji bijian,contohnya:jagung beras merah,kacang hijau dsb.setiap dipagi hari calon merpati aduan harus di beri sarapan yang cukup dan di jemur secukupnya agar kondisi badan dan tulang tidak terlalu berlemak atau gemuk,lamanya masa penjemuran sekitar 10 sampai 20 menit,setelah itu beri air minum secukupnya dan masukan kembali dalam kandang.

2.Rawatan lomba

Cara merawat merpati tinggian untuk mengikuti perlombaan sedikit berbeda seperti merawat merpati harian pada umumnya.

Yang harus kita perhatikan terlebih dahulu adalah masa giringan atau saat dalam posisi birahi merpati tinggi,bagaimana cara mengetahuinya dapat kita lihat saat sang jantan sering membusungkan dadanya menarik perhatian betina atau pada saat merpati membuat sarang dan bertelur,setelah ciri-ciri tersebut kita ketahui kita bisa memilih merpati tersebut untuk mengikuti perlombaan.

Setelah itu yang harus kita perhatikan adalah pemberian nutrisi yang cukup di tambah ekstra fooding (jamu –Jamu atau obat obatan )agar menunjang kebutuhan nutrisi saat di lombakan.selain itu kita juga harus memperhatikan kekuatan dan daya tempuh terbang merpati aduan,maka kita harus melatihnya secara rutin dan teratur.latihlah daya terbang merpati aduan dari jarak yang sangat dekat terlebih dahulu (10 sampai 50 meter)setelah kita merasa merpati itu terbang dengan baik di jarak tersebut bisa kita tambah lagi jarak tempuhnya bertahap hingga 1 kilo meter atau lebih.

Kemudian kekuatan dan kecepatan terbang merpati aduan harus kita perhitungkan.saat melatih jarak terbang cobalah menghitung kecepatan terbang merpati tersebut dengan menggunakan stopwatch/jam.apabila pada jarak yang sama terlihat perbedaan jarak waktu maka dapat dipastikan merpati itu mulai ada peningkatan.

selain kebutuhan nutrisi dan perawatan di atas jangan lupa kebutuhan protein harus diberikan agar kepakan sayap merpati lebih kencang yang akan memberikan kecepatan maksimal.Selain perawatan di atas kita juga harus memperhatikan factor cuaca dan medan perlombaan maka dari itu kita juga harus melatih terbang merpati aduan dalam segala kondisi cuaca misalnya saat cuaca terik matahari sangat panas kemudian saat cuaca hujan deras atau kondisi awan sedang mendung.dapat disimpulkan kita harus melatihnya dalam kondisi terang atau sedang redup.lakukanlah perawatan tersebut di atas secara rutin dan teratur kurang lebih selama dua bulan.



Trik pemberian nutrisi pra lomba

 

1.Pagi hari merpati tinggian di beri jagung secukupnya dan beberapa kacang tanah untuk menunjang kebutuhan karbohidrat.

2.Berikan air minum yang bersih secukupnya bila perlu berikan gula merah sebesar biji jagung sebanyak tiga sampai 5 buah.

3.Mandikan merpati jangan terlalu basah agar tidak merusak bulu-bulu sayap dan jemur secukupnya hingga terlihat bulu-bulunya kering.

4.Masukan merpati kedalam kandang bersama betinanya setelah merasa penjemuran cukup.

5.Sore hari berikan kembali biji-bijian di tambah ektra fooding (jamu-jamu) agar di serap tubuh merpati itu.

Untuk pemberian jamu-jamuan bisa di ulang 2 atau 3 hari sekali.

Kendala yang kita jumpai pada merpati aduan


1.kendala fisik

Biasanya kendala fisik yang sering dialami merpati tinggian atau aduan saat lomba ialah drop power atau melemahnya kekuatan terbang.

2.kendala cuaca

Biasanya juga Faktor cuaca mempengaruhi merpati aduan untuk memenangkan arena pertandingan.

3.medan laga 

Selain kendala fisik dan cuaca,kondisi medan laga juga sangat berpengaruh.biasanya sepangjang jalur medan terbang sering kali kita jumpai gedung-gedung dan pepohonan tinggi yang mempengaruhi jarak pandang merpati,selain itu juga sering kita jumpai orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang mengganggu jalannya pertandingan.misalnya saat kondisi merpati kita di terbangkan,dalam perjalanan ada orang yang menghadang terbangnya merpati kita dengan cara di klepek yang mengakibatkan merpati kita landing atau turun bukan di arena laga.

Cara mengatasi kendala merpati aduan dalam lomba 


Kendala fisik 

Untuk mengatasi segala kendala yang berhubungan dengan fisik merpati aduan bisa kita lakukan perawatan dan latihan rutin seperti yang udah saya jelaskan di atas

Kendala cuaca 

Untuk mengatasi segala Kendala cuaca saat pertandingan maka lakukan latihan terbang dalam kondisi cuaca buruk sekalipun agar merpati kita tidak malas dan terbiasa dalam segala cuaca.latihan ini pula akan membantu daya terbang merpati aduan menjadi lebih cepat dan Stut yang lebih kencang.

Medan laga

Untuk mengatasi Kendala di medan laga kita harus memperhatikan
1.panitia penyelenggara yang baik dan terpercaya
2.media lending yang baik
3.jarak tempu yang di awasi panitia penyelenggara agar tidak ada sabotase dalam perjalanan.

Demikian tip’s dan trik merawat merpati aduan agar tampil dengan performa yang maksimal semoga bermanfaat untuk semua kawan-kawan pecinta merpati aduan .


0 Response to "Cara jitu Merawat Merpati Aduan / Tinggian Untuk Pemula "

Post a Comment

Dmca

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel