Cara Mudah Membuat Alat Pancing Belut Untuk Pemula

Cara Mudah Membuat Alat Pancing Belut Untuk Pemula

Untuk sahabat jedud mania. : ) salam satu hobi 

apakabar teman-teman semua ??

Cara Mudah Membuat Alat Pancing Belut Untuk Pemula
Cara mudah membuat alat pancing belut


Vmanaje - Mudah-mudahan temen semuanya ada dalama keadaan sehat walafiat aamiin ya robbal alamin


Alat Pancing atau urek belut sering kita temui di toko yang bisa kita dapatkan akan tetapi kadang kita kecewa karena tidak sesuai dengan keinginan kita,

Maka dari itu saya akan memberikan cara atau trik membuat urek belut untuk pemula agar sesuai keinginan kita,jadi untuk pamula jangan berkecil hati  ikuti aja cara membuat urek belut di bawah ini.

Sebelum membuat alat pancing atau urek belut mari kita Sama-sama mempelajari dulu tentang Belut,Lindung

Belut atau lindung adalah hewan yang aktif dimalam hari yang masih termasuk kedalam jenis ikan, kebanyakan belut hidup di tempat berlumpur dan perairan seperti pesawahan ,kali,tambak ikan dan rawa

Belut juga menjadi salah satu sumber protein yang dimanfaatkan oleh masyarakat.
Hasil pengamatan saya di alam,ditemukan ada beberapa jenis belut

1.Belut listrik

Belut listrik

Jenis belut ini sering temukan di danau,laut air payau.
Kenapa belut jenis ini disebut belut listrik dikarenakan belut jenis ini mempunyai kemampuan mengubah ion di sekitar tubuhnya menjadi sebuah tegangan listrik ketika merasa dirinya terancam.

2.Belut rawa


Belut rawa

Jenis belut ini sangat menyukai daerah daerah tenang seperti rawa yang jarang di jamah manusia.dan untuk ukuran belut jenis ini tergolong Big size (jumbo,)

3.Belut Sawah


Belut Sawah

jenis belut ini sangat Familier dikalangan masyarakat dikarnakan sering di jumpai dan mudah didapatkan untuk di konsumsi`
Belut ini biasanya sangat melimpah di area pesawahan saat musim tanam padi datang.

Oke tanpa basa-basi mari kita membahas alat-alat apa saja yang harus di persiapkan untuk membuat alat pacing atau urek belut

1. Kail / mata pancing



Kail / mata pancing


Kail / mata pancing bisa kita dapatkan dengan mudah di toko perlengkapan alat pancing atau urek belut kita bisa membuatnya sendiri dengan bahan limbah Per kecil / kawat baja


2. Tali pancing / Senar


Tali pancing / Senar

Tali pancing banyak kita jumpai dengan mudah di tokoyang menjual perlengkapan alat pancing.biasanya tali yang gunakan berbahan dari Nilon dengan ukuran sesuai yang di inginkan.atau kita juga bisa memanfaatkan tali layangan/tali jenis PE.


3. Bandul atau pemberat 

Bandul atau pemberat

Biasanya alat ini saya gunakan sebagai bahan tambahan saat proses pembuatan pancingan belut.bahan yang saya gunakan adalah Batu sebanyak 2 sampai 3 buah yang berukuran sama besar apabila temen-teman diperkotaan sulit mendapatkan batu bisa menggunakan batrei bekas yang berukuran besar.

Tahap pembuatan

Pertama-tama potong tali pancing /senar sepanjang yang kita inginkan.biasanya saya memakai tali 3 rangkap dengan ukuran 1 buah berukuran 1 meter, dan 1 buah berukuran 2 meter.

kemudian siapkan ukuran mata pancing yang di inginkan beserta 3 buah pemberat sebagai alat bantu.

Setelah semua di persiapkan langkah selanjutnya adalah membuat tali simpul pada mata pancing kemudian disetiap ujung tali ikatkan pemberat yang sudah kita persiapkan.

Setelah itu gantungkan mata pancing pada sebuah paku diarea yang luas agar tidak mengganggu proses pembuatan.

Jangan lupa putarkan 3 buah bandul atau pemberat ke arah yang sama.setelah semua di putar kemudian langkah terakhir satukan semua tali dan ikat dengan kuat dibagian bawah.kemudian tunggu bandul berputar dan berhenti  dengan sendirinya maka hasilnya akan seperti ini.

Tahap pembuatan






Selesai deh ,,,,,,,  saatnya mencari umpan

Umpan

Umpan yang kita gunakan biasanaya menggunakan cacing tanah,ikan cere (ikan kecil) anak kodok,keong dan udang.

Umpan

Spot

Tentukan spot / tempat sekiranya yang berpeluang besar mendapatkan hasil tangkapan yang melimpah.

Spot

Lubang belut dan ciri-cirinya

Untuk lubang belut biasanya berbentuk bulat dengan permukaan lubang licin dan berhawa dingin biasanya kondisi air dalam lubang yang dihuni belut akan berwarna cerah atau tidak kotor.


Lubang belut dan ciri-cirinya


Teknik jitu mancing belut di sawah,tambak ikan,selokan dan rawa

Setelah melihat lubang yang termasuk ciri-ciri diatas Masukan umpan yang kita inginkan ke mata kail,mau itu cacing anak kodokk  ataupun ikan cere lalu kemudian kilik atau putar perlahan ke dalam lubang ketika air didalam lubang ada pasang itu berarti belut sudah mencium umpan dan akan naik ke permukaan apabila umpan mulai di sambar biarkan terlebih dahulu sampai telihat ada tanda sambaran berikutnya baru kemudian bersiap untuk menahan dan menarik tali pancing.

Semoga cara ini bisa bermanfaat bagi semuanya dan jangan lupa faktor keberuntungan sangat berpengaruh

 Selamat mencoba ....!!! Salam Satu Hobi....Nyud Nyud Jedud

0 Response to "Cara Mudah Membuat Alat Pancing Belut Untuk Pemula"

Post a Comment

Dmca

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel